My Time

Friday, May 15, 2015

Makna Hari Pahlawan


Memberdayakan Makana Hari Pahlawan

            Tentu masih melekat dalam benak kita, belum lama ini baru saja kita memperingati hari pahlawan tepatnya pada tanggal 10 november 2013. Pada umumnya masyarakat pada instansi tertentu memperingati hari pahlawan dengan mengadakan upacara bendera.
            Tanggal 10 november dipilih sebagai hari pahlawan, karena pada hari itu terjadi tragedi besar. Tragedi pertumpahan darah di Surabaya antara pihak tentara Indonesia dengan pasukan Belanda, yang menyebabkan banyak pahlawan Indonesia berguguran.
            Merupakan hal yang tidak dianggap asing jika kita sebagai warga negara Indonesia yang cinta tanah air mengenang jasa para pejuang yang telah memperjuangkan bangsa ini. Namun, dengan mengenang dan melakukan upacara bendera saja untuk memperingati hari pahlawan tidaklah cukup untuk menunjukkan rasa terimakasih kita kepada para pahlawan yang berjuang dengan segenap jiwa raga demi anak cucu mereka yang hidup pada masa sekarang, masa yang serba merdeka. Hal tersebut bukanlah makna yang sebenarnya dari peringatan hari pahlawan.
            Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk memaknai hari pahlawan yang berawal dari peristiwa besar itu. Sejatinya hari pahlawan adalah hari dimana masyarakat Indonesia berjuang memperjuangkan hak-haknya dari para penjajah. Perjuangan inilah yang harusnya melekat di hati masyarakat Indonesia pada masa sekarang ini. Berjuang tidak selalu dimaknai dengan genjatan senjata. Perjuangan yang dulu dilakukan oleh para pahlawan bangsa tidaklah sama artinya dengan pejuang pada masa sekarang ini.
            Berjuang tidak hanya wajib bagi kaula muda saja, melainkan bagi semua kalangan hanya saja caranya yang berbeda. Misalnya bagi kaula muda para pelajar dan mahasiswa dengan rajin bejar yakni belajar ilmu-ilmu sains maupun ilmu agama untuk membentuk karakter pemuda penerus  bangsa yang tidak hanya cerdas dalam pengetahuan tapi cerdas dalam aklaqnya.
            Tidaklah berbeda dengan kalangan masyarakat, para petinggi Negara pun sudah seyogyanya berjuang untuk menjalankan segala sesuatu yang menjadi kewajiban mereka. Yakni memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan rakyat. Tidak seperti yang terjadi sekarang ini korupsi terjadi di mana-mana. Hal tersebut tidaklah pantas dilakukan oleh bangsa yang merdeka dengan disertai pertumpahan darah para pejuang bangasa.
            Sebagai warga Negara yang cinta terhadap tanah air sudah sepatutnya untuk meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa. Dengan berperilaku positif dan selalu berkarya yang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas. Pada intinya hari pahlawan bukanlah hari untuk mengenag saja terlebih untuk mengingatkan kita untuk selalu berjuang demi mewujudkan bangsa yang merdeka dalam segala hal.

No comments:

Post a Comment